Selasa, 29 Juli 2014

perbedaan pake lampu HID VS Projector HID

problem yang sering dipermasalahkan adalah lampu kendaraan yang tidak terang hampir semua orang yang sering keluar malem bilang seperti itu....makanya banyak yang mengupgrade lampu kendaraannya dengan lampu HID bukan sekedar gaya tapi untuk alasan safety jalan dimalam hari.

upgrade lampu kendaraam bisa menggunakan lampu HID / projector HID / LED. disini saya tidak membahas lampu penerangan utama dengan led karena belum mumpuni untuk saat ini

lampu reflektor motor klo dipasang lampu HID sorotan lampu pasti akan lebih terang 4-5x dari lampu halogen standart dijamin !!!

tapi efek sampingnya adalah sorotan lampu menjadi menyilaukan dari lawan arah (polusi cahaya). lebarnya sorotan lampu dan jauhnya sorotan lampu juga tidak akan berubah tetap sama seperti pake halogen hanya lebih terang dan ada glare (pembiasan keatas)

pembiasan cahaya buyar, tidak merata.....ada bagian terang ada bagian yang meredup. tanpa lampu jauh plang jalan diatas akan kena sorot

contoh motor honda CS1 pake lampu HID 2 x35watt

kondisi off
















kondisi on

















jika memakai lampu projector HID sorotan lampu akan menjadi lebar, menyebar merata dan sorotan lampu kedepan akan menjadi lebih jauh. yang paling penting tidak polusi cahaya, sinar yang bagian atas di cut oleh garis potong projector (shield). untuk lampu jauh / hi beam memakai projector lebih efektif daripada HID hilow biasa.

contoh projector HID 1 x 35watt honda spacy

kondisi off















kondisi on















garis cut off dan sinar jatuh ketanah merata

















motor kawasaki ninja 250 HID 3000k 35watt


terlihat terang menyebar tapi buyar keatas di pinggir kiri kanan dan depan tidak ada garis batas, jika dilihat dari depan pasti silau (polusi cahaya)











beberapa tahun lalu orang menganggap pasang projector HID kurang terang dibanding dengan pasang HID, makanya org lebih senang pasang HID aja, yang penting terang saya naek motor enak...yamg laen silau bodo amat. tapi sekarang ini org sudah mulai paham pasang projector HID lebih diminati karena ga polusi cahaya, sorotan lebih lebar dan jauh.

problem yang sering dihadapi oleh org yg pasang projector adalah kurang terang jika dibanding dengan saya pasang HID saja.....pernyataan ini ga 100% betul. jadi sebenarnya sebelum pasang projector, harus benar2 mengetahui karatkter sebuah projector, karakter sebuah projector itu dari output sinarnya

contoh knalpot motor merk A, setelah dipasang enaknya tarikan bawah atasnya boyo, ada knalpot merk B enaknya tarikan tengah ke atas napas panjang tapi bawahnya lemot.
dari ilustrasi tersebut bisa diambil kesimpulan karakter masing2 knalpot dan tujuan dipakai misal merk B lebih cocok untuk touring luar kota yang trek panjang, knalpot merk A lebih cocok didalam kota yg Stop n Go.

lanjut......ke thread selanjutnya membahas tentang kharakter projector HID
http://f3moto.blogspot.com/2014/07/kharakteristik-projector-hid.html


1 komentar: